Thursday, October 3, 2013

[First Impression] Kyoukai no Kanata



Official Website: http://anime-kyokai.com/



Kenapa Saya Tertarik Menonton:

Tiga alasan:
  1. Kyoto Animation back to action-genre! Udah berapa lama sejak Full Metal Panic! The Second Raid ya...
  2. Kuriyama Miraiiii aaaaaaaaa MEGANEEEEE UUUUU~ (>__<)
  3. Kalo baca sinopsisnya, pairing Mirai-Akihito ini tergolong unik buat saya.


Kesan Awal:

Karena anime ini memang saya tunggu-tunggu, tangan saya bener-bener GATEL pengen langsung ngasih First Impression. Padahal baru episode 1... wkakakakka XD~

Kita punya seorang cowok SMA kelas 2 bernama Kanbara Akihito, yang ketika pengen pulang sekolah melihat sesuatu yang mengejutkan. Dia melihat seorang cewek anak kelas 1 (juniornya) yang kalo diliat-liat kayaknya mau terjun bunuh diri dari pinggir atap sekolah. Entah apa yang merasuki Akihito, dia langsung lari ke sana dan... 

...mengatakan sesuatu (baca: flattering) yang membuat Mirai MELOMPAT backslide melewati pagar pembatas di atap tersebut, sehingga nggak jadi bunuh diri.

Selanjutnya? Akihito ditusuk oleh Mirai. Tapi... nggak mati!
"Woi, gentle dikit napa nusuknya?" - Akihito




Sebelum anda semua berpikiran aneh-aneh, saya harus kasih tau kalo anime ini bergenre fantasi. Lebih tepatnya contemporary fantasy. 

Setting anime mengambil situasi real world, namun dengan supranatural sebagai tema sentralnya. Dalam sistem cerita, ada 2 "kubu" yang berlawanan: spirit hunter dan youmu a.k.a. dreamshade. Entitas-entitas dari kedua kubu saling bermusuhan, dimana para spirit hunter bertugas memburu dreamshade tersebut. Seems classic, eh? Tapi dari situ saya bisa mengira-ngira bahwa plotnya akan berkisah seputar Akihito dan Mirai yang akan berhadapan dengan kedua kubu sekaligus.

Kenapa kedua-duanya? Jawabannya ada di karakter.

"Eh? Mati lampu yah?" - Mirai
Kanbara Akihito, seorang half-youmu yang nggak bisa mati alias immortal meski tetep bisa ngerasain sakit. Di episode 1 belum diungkap jelas asal-usul dirinya, namun dari episode 1 tersebut saya bisa tahu kalo dia tidaklah diincar oleh kebanyakan spirit hunter. Tetapi pasangannya...

...Kuriyama Mirai, adalah seorang spirit hunter yang tidak disukai oleh kalangannya sendiri, karena kekuatannya untuk memanipulasi darah (bisa dibikin jadi senjata) adalah teramat langka. Masalah tambahan, para spirit hunter punya afinitas khusus yang mampu menarik para youmu itu untuk datang. Jadi, kita punya seseorang yang berlawanan dengan kedua kubu sekaligus.

Well, plotwise saya sudah bisa menebak beberapa poin penting di sini hanya dari karakternya. Saya harap ke depannya akan diolah menjadi lebih seru dan ditambahi twist yang menyengat. Yah, namanya juga baru episode 1...
Mirai: "Udah... ketebak ya?" --- Akihito: "Nggak kok, nggak!"
Oh, tapi ada yang perlu saya puji dari composition di episode 1.

Pertama, saya suka BANGET awalnya. Bermonolog ria, kemudian diakhiri dengan adegan ditusuknya Akihito. Cocok sama prolog di light novel-nya.

Kedua, pace. Idealnya episode awal untuk anime berbau action memang dibuat seperti ini. Cepat, dan langsung ke poin sentral tanpa terlalu banyak menjelaskan. Biarlah hal-hal detail diceritakan nanti. Yang penting awalnya injek gas pollll dulu biar ngangkat!


Tapi salah satu kekuatan besar di awal anime ini adalah... ya karakternya itu!

Akihito keliatannya cuma remaja biasa, tetapi ternyata menyimpan kekuatan yang mampu menarik Mirai. Kemampuan keduanya dirancang kompatibel satu sama lain. Gebleknya lagi, ternyata Mirai ini malah takut sama youmu! Walhasil, Akihito dijadikan 'sasaran latihan' (baca: ditusuk berulang-ulang setiap hari). Kasian amat ya (=__=")

Dan jangan bayangkan interaksi mereka kayak anime-anime action kelewat serius dimana ada salah satu karakternya yang bernafsu banget untuk membunuh. Well... namanya juga KyoAni. Tanpa unsur moe, bukan KyoAni namanya! XD~

Yes, Mirai benar-benar moe tak tertahankan!
"A-A-Aku m-m-m-moe???" - Mirai
Di satu sisi gerakannya bener-bener gesit dan nampak profesional untuk seorang spirit hunter. Tapi di sisi lain clumsiness-nya gak karuan! Apalagi kacamata frame tebelnya yang dipake rada turun dari garis mata... GAAAAAHHHHH!!!!! Fix deh, saya langsung kepincut kesengsem takluk tak berkutik seketika...!!!! (>__<)


Kekuatan kedua tidak lain tidak bukan adalah di...

...animasinya!

Kalo udah masuk adegan bacok-bacokan atau kejer-kejeran, animasinya rapi dan mulus. Slow motion sewaktu ngebelah ember itu juga keren. Saya juga suka kalo tetesan darah dari tangannya Mirai berubah jadi pedang. Dan sewaktu di taman itu... wow. Oke punya deh. d(≧∀≦)
*JEBREEEEEEEEEEETTTTT!!!*
Oh, dan jangan lupakan musiknya! Opening sama ending theme-nya keren juga ternyata. Udah lama nggak denger Chihara Minori nyanyi juga sih~ d(≧∀≦)

---------------


8.6/10 deh buat episode 1-nya! Semoga ke depannya makin keren dan mantapppp!!!

Kyoukai no Kanata tayang setiap hari Kamis jam 00:30 JST (Japanese Standard Time) di channel Tokyo MX. Untuk sub English, saya ngikutin UTW fansub.

3 comments:

  1. Selalu terbaik dalam review, makasih. Maaf ya baru komen padahal pengunjung lama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw dibilang terbaik... terharu (T__T)

      Rajin" mampir ya kk, maaf juga saya mood"an gini kalo nulis review *hiks*

      Delete
    2. hehe,iya sip. ditunggu review anime lainnya ^^

      Delete