Tuesday, January 19, 2016

[First Impression] Dimension W

For the sake of dimensional stability, I won't tell the character's name.


Basic Information: https://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=11345

Official Website: http://dimension-w.net/



Kenapa Saya Tertarik Menonton:

1. Science fiction duuuuuude!!
2. Dari sinopsisnya, konsep dunianya KEREN SANGAT.
3. Dari trailer, protagonisnya bakal tipe-tipe badass anjay.
4. Lagi-lagi dari trailer, lagunya keren.



Kesan Awal:

2036, keberadaan satu vektor dimensi lain selain X, Y, dan Z berhasil dibuktikan. Dimensi W.

2051, alat khusus bernama "Coil" diciptakan untuk mengambil dan memanfaatkan energi tidak terbatas dari dimensi W.

2062, sistem transmisi energi global nirkabel terbentuk: World System.

2072, Mabuchi Kyouma, seorang Collector yang tidak menyukai keberadaan Coil, bertemu dengan seorang android bernama Mira. Keduanya pun bekerjasama dalam perburuan Coil ilegal.

(Kronologi diperoleh dari gabungan sinopsis di sini dan di anime.)
Kenapa saya ngerasa dia mirip... Wolverine?


Saya bener-bener auto-histeris jejeritan riang gembira begitu tau konsep dunia yang demikian. Worldbuilding-nya bener-bener general (sistem secara umum) dengan tidak menaruh soft spot secara terlalu jelas agar cerita gampang disetir ke arah tersebut. Satu-satunya sedikit keanehan yang saya temukan adalah, sebenernya dimensi W ini cuma dimensi -X (kalo perhatiin penggambaran poros koordinatnya). Tapi whatever lah ya, teknik what-if nya udah bener kok secara science fiction

Nggak cuma itu, saya juga suka pengandaian yang berangkat dari permasalahan masa kini. Permasalahan apa? Masalah ENERGI. "Bagaimana seandainya bahan bakar fosil nggak lagi dibutuhkan, dan digantikan dengan sumber energi alternatif tanpa batas dan bersih?"

Dipadukan dengan konsep monocorporatocracy dengan perusahaan New Tesla Energy sebagai pemegang tunggal teknologi distribusi energi global ("World System")... udah deh, kelar masalah di sistem dunianya. Saya nggak bisa komplain apa-apa lagi. Ini baru science fiction!
Dikira main game rhythm-matching kali ya.......


Apa lagi? Tentu buat karakter utamanya!

Bosan dengan makhluk beta male yang cupu, nggak maskulin, berwajah unyu, punya kadar hoki yang nggak masuk akal, dan/atau disukai satu atau lebih cewek tanpa sebab yang logis? Mungkin Anda akan cocok dengan Dimension W.

Di sini kita punya Mabuchi Kyouma, seorang Collector (sejenis bounty hunter yang berburu Coil ilegal) dan juga veteran perang yang pernah tergabung dalam unit pasukan khusus anti-Coil bernama Grendel. Tampang sangar plus fisik yang fit berpadu dengan sifat dingin menjadikan Kyouma salah satu sosok antihero yang cukup greget. Dan dari 2 episode yang saya tonton ini, saya bisa ngambil kesimpulan kalo kebencian Kyouma terhadap Coil sebenernya karena adanya potensi super berbahaya dari Coil yang mampu menciptakan distorsi kontinuitas ruang-waktu (mungkin ada hubungannya dengan W = -X ? #ngarang #plak), bukan karena dirinya anti terhadap kemajuan teknologi.

Lelaki badass tidak akan lengkap rasanya jika tidak berpasangan dengan wanitah perempuan yang bisa memberikan balance.

Di sini kita punya Mira, android sakti hasil ciptaan istri (Yurizaki Seira) dari penemu World System (Yurizaki Shidou). Kebalikan dari Kyouma, Mira memiliki sifat lebih ramah dan cukup feminin untuk ukuran bukan cewek beneran sebuah robot. Namun sama dengan si protagonis cowok, Mira juga punya misi untuk mencari tahu lebih banyak tentang Coil ilegal atas wasiat yang pernah dikatakan Dr. Yurizaki.

Saya cukup puas dengan kepribadian kedua karakter utama yang bisa jadi akan memberikan pendekatan yang berbeda untuk penyelesaian kasus yang sama, dan mudah-mudahan akan terus jadi tim yang solid. :3
Siapa ini yang bikin nangis? SIAPA WOI! NGAKU! #plak


Hingga episode 2 ini saya juga puas dengan kemunculan salah satu secondary character, Loser, yang membuka lebih jauh tentang beberapa hal. Jadi bukan sekedar penggembira hore-hore doang, tapi ada manfaatnya sebagai plot device dengan tujuannya untuk mencari serial Coil "Number". Saya menduga kalo "Number" yang dicari-cari si Loser adalah prototype dari segala Coil baik legal maupun ilegal, atau merupakan 1st generation stable release yang pertama kali berhasil "menambang" energi dari dimensi W (mungkin merupakan seperangkat stabilisator dimensional juga?). Dengan kata lain, eksistensi si Loser akan menyingkapkan lebih detail lagi misteri mengenai vektor dimensi keempat itu... #histerislagi

Lalu si android yang satunya itu, Four... Saya ada sedikit rasa curiga, tapi belom termaterialisasi sempurna di kepala saya kira-kira kenapa ada android satu lagi di dalam alur cerita. Bersumber daya dari serial Coil Number kah? Kenapa pula namanya harus angka empat...? Apakah bakal ada android lain/benda lain dengan nomor juga? Oh well, petunjuknya masih kurang. Lupakan, lupakan. Yang penting adalah, ada loli yang belom keluar. #plak
Ini android cowok lho ya. Lelakih. Eh tapi kan robot...


Sisanya... pace-nya bagus untuk action (kencengnya asoy), animasinya oke, seiyuu-nya banyak yang pro dan cocok ngisi karakternya, lagu opening-nya asik, plus cool. Yeah, cool. Cuma satu kata yang cocok untuk menggambarkan 2 episode awal anime ini secara keseluruhan: KEREN!

Ya udah lah ya, itu aja.
awhgahwgehaweghargh #kejang


---------------



8.5/10 untuk 2 episode awal dari Dimension W untuk KEREN!

Dimension W tayang setiap hari Minggu jam 22:30 JST di channel Tokyo MX. Untuk English fansub... saya ambil apa aja yang ada dulu. Tapi akan terus diganti kalo fansub FFF udah rilis hasil sub-nya.


***

13 comments:

  1. sip kayaknya bakal saya tonton mungkin setelah rilis 6 episode atau udah tamat entar ahaha

    jarang bgt saya nemu blogger tentang review anime begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mending nunggu, soalnya sampe 2 episode ini saya belom nemu jeleknya.

      Prediksi saya ya... mungkin (MUNGKIN!) akan lemah endingnya. Manganya belom tamat sih.

      Delete
    2. entah kenapa liat muka karakter cowok utamanya mirip mugen dari samurai champloo

      Delete
    3. Eh busyet anime 10++ taun yang lalu kan itu XD

      Cuma lebih sangar Kyouma gara" brewoknya menggodah #plak

      Delete
  2. Replies
    1. Kejauhan kayaknya Mas kalo berharap begitu ._.

      Saya aja malah ada sedikit pikiran skeptis karena manganya belom tamat, jadi ada kemungkinan endingnya nanggung. Tapi untuk awal"nya emang bagus sih anime ini (y)

      Delete
  3. anime winter yang sangat keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Lumayan" keren kalo saya bilang. Nggak "sangat" keren.

      Delete
  4. setelah saya tonton ternyata hasilnya adalah
    awal bagus pas pertengahan ampe akhir makin menurun
    jadi yah standar aja jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, saya bilang juga begitu... bukan standar lagi malah, tapi jeblok

      Delete
  5. It was very entertaining actually. :]

    ReplyDelete