Tuesday, April 26, 2016

[First Impression] High School Fleet

4 di belakang: Rin - Akeno - Mashiro - Shima
2 di depan: Mei - Kouko


Basic Information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=11533

Official Website: http://www.hai-furi.com/



Kenapa Saya Tertarik Menonton:

Pertama, desain karakternya juara. Lucuk-lucuk moe gitu deh~ :3

Kedua, plot summary. Kalo dibaca-baca kayaknya bakal berbau slice of life di tengah lautan (dan ternyata saya salah...).

Ketiga, I'm still playing Kantai Collection lagi siap-siap Spring event. Untuk game yang satu itu, saya sama sekali nggak nonton adaptasi animenya karena saya selalu skeptis dengan anime hasil adaptasi game (kecuali adaptasi VN), dan dugaan saya terbukti benar meski nggak nonton (kena banyak screenshot spoiler sih...). Namun "nafsu kapal-kapalan" tetep nggak bisa hilang, sehingga High School Fleet a.k.a. HaiFuri ini pun saya embat.



Kesan Awal:

Jadi di sini ceritanya ada suatu musibah beberapa waktu lalu, yaitu pergeseran lempeng tektonik secara signifikan, menyebabkan banyak tempat tenggelam ke bawah permukaan laut termasuk Jepang. Kota-kota lepas pantai pun bermunculan di Jepang, menjadikan perlindungan dan penjagaan teritorial kelautan menjadi hal yang sangat krusial. Salah satu badan yang betanggung jawab atas hal tersebut adalah Blue Mermaid, yang di timeline "sekarang" di anime menjadi cita-cita para cewek sebagai pekerjaan impiannya.

Kyaaa mbak kapten gahar banget kyaaa #lebay #ditenggelemin #blebeb

Misaki Akeno merupakan salah satu cewek yang bercita-cita untuk menjadi anggota Blue Mermaid tersebut. Sebelum itu, dia harus menempuh pendidikan di Yokosuka Girls' Marine High School untuk mendapatkan pelathan. Sebagai menu latihan, dia ditunjuk menjadi kapten kapal Harekaze, dan bersama kru wajib mengikuti pelatihan pertamanya di tengah laut...

...dan mulailah anime ini menanjak makin gila.

SERIUSAN INI????!!!
WAAAAAAAAAAAAAAGHHH
ANJAAAAAAAAAAAAAAAAAAAY
YEEEEEEEEEEEEEEEESSSSS

Oke saya stop retelling terlalu detail karena ntar terlalu spoiler. Yang jelas, sepanjang 3 episode awal selalu, SELALU, ada adegan pertempuran selama beberapa belas menit yang bikin saya menahan napas. SUMPAH DAH NGERI ABIS! Pokoknya serasa nonton film perang beneran sewaktu di adegan pertempuran itu. Cuma di sini yang ngasih komando dan bertindak adalah cewek-cewek unyu semuanyah~ :3

Apalagi? Premis ceritanya menarik! Di sini para kru Harekaze dianggap telah melakukan pemberontakan a.k.a. mutiny yang sebenarnya cuma fitnah. Berbekal hal tersebut, saya pun mencium something big and fishy yang mungkin akan "menggebuk" dahsyat nantinya. Semoga juga hal tersebut bisa diselesaikan di cerita secara cantik dan elegan.

Visual! Seperti yang udah saya bilang, desain karakternya enak banget dilliat kayak minta dipeluk satu-satu gitu. Animasinya juga oke, pokoknya nggak ada bagian yang nggak nyaman buat mata saya.

Oh ya, satu lagi... opening theme-nya keren! High Free Spirit yang dibawakan TrySail cukup enak buat didengarkan, apalagi berpadu dengan video klip yang cadas dan sanggup ngangkat semangat. Wajib dijadiin koleksi kalo lagunya udah rilis.

Battle of Nishinoshima Island. Casualties: 1 rice cooker.................

Satu-satunya komplain saya sampai episode 3 ini adalah... para staff-nya masih berusaha memasukkan unsur lightheartedness yang ringan-ringan lucu baik di awal-awal, ujung akhir, maupin selagi bertempur. Buat saya, asli nggak enak. Rasanya kayak kena sesuatu mendekati cognitive dissonance karena saya terpaksa memasukkan dan menerima 2 unsur berlawanan (adem-adem dan full-blown battle) sekaligus. Saya bukan makhluk kelewat sadis, tapi alangkah lebih seru kalo anime ini bercerita perang serius total sekalian.


Waifu of the season? Hemmm...
Ini juga sejenis minta dipeluk. Hemmm...
Ini juga lucuk. Hemmm...
Tapi mbak kapten tetep the best~ :3

Bonus! Trivia sedikit:

  1. Hampir semua kapal pelatihan yang sudah ditampilkan di sini didasarkan pada kapal Perang Dunia II yang nyata, kecuali Harekaze.
  2. Harekaze memiliki dimensi/ukuran sesuai dengan standar kelompok kapal perusak/destroyer Kagerou-class, namun nggak ada satu pun kapal Kagerou-class asli yang memiliki nama tersebut.
  3. Harekaze di anime ini juga sebenarnya bukan termasuk kelas kapal perusak/destroyer/kuchikukan (駆逐艦) tapi koyoukan (航洋艦). Fansub yang saya ikuti menerjemahkannya sebagai corvette.
  4. Nama kapal Admiral Spee jelas berdasarkan kapal jelajah berat/heavy cruiser Graf Spee milik Kriegsmarine. Spesifikasinya pun serupa, hanya beda di displacement.
  5. Kapal perang/battleship Musashi (dengan teman Misaki Akeno, China Moeka a.k.a. Moka-chan, sebagai kaptennya) juga berdasarkan pada kapal perang Musashi yang sebenarnya, salah satu kapal perang/battleship terberat yang pernah ada.
  6. Kapal selam I-201 juga berdasar pada kapal selam I-201 era Perang Dunia II sungguhan.
  7. Gambar di bawah menunjukkan kalo kode angka melambangkan kelas kapalnya. Y4xx dan Y5xx untuk kapal kecil seperti destroyer & corvette, Y3xx untuk light cruiser, Y2xx untuk heavy cruiser, dan Y1xx untuk battleship. Selebihnya tergolong auxiliary ship (Mamiya itu food supply ship, Akashi itu repair ship).
Credit translation to GJM-Vivid.
Yang nggak ke-translate: Y212 = heavy cruiser Maya



---------------



8.0/10 untuk 3 episode pertama High School Fleet a.k.a. HaiFuri karena... intense! Pokoknya seru kalo udah masuk ke battle-nya, apalagi mata juga dibikin puas dengan karakter-karakternya.

High School Fleet tayang setiap hari Minggu pukul 00:00 JST di channel Tokyo MX/BS11. Untuk sub English, saya ambil fansub GJM-Vivid.

Mbak kapten lagi ah~ :3


***

8 comments:

  1. salah satu anime yang tidak terdeteksi radar saya dan membuat saya kaget dengan cerita yang waw banget, saya kira cuma haha hihi atau istilahnya kalo gak salah cute girls doing cute things doang ternyata salah banget
    cerita menarik banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan ada yang ketipu juga akwoekawoekaowke
      Pas muncul entrinya di AniDB sama MAL saya juga ngira ini ya kyk Non Non lah, nggak taunya...

      "TORIKAJI IPPAAAAAAI...!!"
      "CHAKUDAAAAN!!"

      *JEDHUAR*

      Delete
    2. best girl tentu lah gadis torpedo
      dan si kokou ini pemecah suasana aja

      Delete
    3. Kampret memang itu si Kouko, bisa tiba" bikin ngakak awoekaowekawoek

      Delete
  2. Izin iklan: Review Anime Violet evergarden
    http://ren4nz.blogspot.co.id/2016/05/review-anime-violet-evergarden.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini namanya preview, bukan review. Nggak ada penilaiannya kan?

      Delete
  3. Ane jg sama GA nyangka bgt KLO critnya bakal ada pertempuran gitu ane Shi awalnya nyangka bakal adem" ajah ceritanya cukup syokk juga pas liat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sampe syok lah, masuk rumah sakit itu namanya klo syok awkoekwaoekawoek #plak

      Nggak, nggak. Becanda kok :P

      Delete