Wednesday, July 22, 2015

[First Impression] Charlotte


Official Website:
http://www.charlotteanime.com/ (English)
http://charlotte-anime.jp/ (Japanese)



Kenapa Saya Tertarik Menonton:
  1. Interesting title. Singkat, jebret, misterius.
  2. Maeda Jun.
  3. P.A. Works.
  4. Sakura Ayane + Uchida Maaya WOHOHOOO!!
Sebuah kejahatan bagi saya kalo nggak ngikutin anime ini dengan adanya faktor-faktor di atas.



Kesan Awal:

Setelah Angel Beats! 5 tahun yang lalu, Maeda Jun kembali menghadirkan anime original, bukan hasil adaptasi visual novel (VN) seperti Air, Kanon, Clannad, atau Little Busters.
Karakter utama kali ini ganteng-ganteng kampret. #dirajam

Kali ini menceritakan seorang cowok bernama Otosaka Yuu, yang memiliki kemampuan supranatural untuk "menjadi orang lain" selama 5 detik jika dia memikirkan orang tersebut. Sayang, kemampuan ini digunakannya untuk berbuat curang hingga dapat diterima di sekolah ternama.

Kelakuannya pun ketahuan. Tomori Nao, seorang cewek dan ketua OSIS di Akademi Hoshi-no-umi, berhasil membongkar kecurangan tersebut. Dihukum? Nggak. Male protagonist kita hanya disuruh pindah sekolah ke Hoshi-no-umi.

Usut punya usut, sekolah tersebut merupakan sekolah yang dikhususkan untuk orang-orang berkemampuan supranatural seperti Yuu. Nao sendiri juga memiliki kekuatan khusus, yaitu dapat "menghilangkan persepsi" orang lain terhadap dirinya, mengakibatkan dirinya tidak bisa dilihat. NAMUN hanya berlaku untuk 1 orang dalam satu waktu tertentu.

Maka bergabunglah Yuu dalam OSIS Hoshi-no-umi, membantu dalam menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan orang-orang berkekuatan supranatural sebelum... terlambat.
Ternyata Nao itu tukang kamera. #plak

Berhubung udah rilis sampe episode 3, maka first impression kali ini membahas hingga episode 3.

Visual? Nggak usah diomongin. VIDEO KLIP OPENING-NYA KEREN!

Konsepnya? Biasa. Sekolah khusus untuk orang-orang berkemampuan khusus udah ada di banyak anime. Sebut aja To Aru Majutsu no Index, Mahouka Koukou to Rettousei, Kikou Shoujo wa Kizutsukanai, Seirei Tsukai no Blade Dance, Seikoku no Dragonar, Absolute Duo, dst dst dst (banyakan adaptasi LN ya?). Sepanjang 3 episode juga biasa aja eksekusinya, cuma kayak nanganin kasus gitu lah.

Untuk karakter... Yuu dengan Geass-nya itu kampret. Nao asoy karena saya demen paduan warna rambut sama matanya plus saya emang ngefans sama seiyuu-nya, Sakura Ayane. Joujirou kentut abis, sukses lah jadi bahan komedi. Ayumi was O.K., standar imouto lah. Yusarin lumayan mantap karena Uchida Maaya sukses ngisi suara dengan personality berlawanan.

Yang bagus lagi adalah awal-awalnya, yang dibuka dengan pernyataan yang sangat terkenal dari filsuf kelahiran Prancis, Rene Descartes. "Cogito, ergo sum". "I think, therfore I am". "Aku berpikir, maka aku ada". Kalimat itu jadi semacam petunjuk. Mungkin anime ini juga akan berkutat soal eksistensi dengan storyline yang akan nge-twist nantinya.

Mixed reaction, eh? Ada bagusnya, ada biasanya. Tapi...
Seriously, Yuu is parody of Lelouch.

...semuanya berubah ketika saya melihat gambar ini, yang di-post temen saya di sini:
Yak. Mulai gatel otak saya. Klik buat liat full resolution.
Yup, video klip opening sukses bikin kepala saya menjerit heboh (selain karena visualnya emang keren parah)! Akan saya bacain apa maksud huruf-huruf alien kanji di atas.
  1. "天体観測" (tentai kansoku) --- pengamatan benda langit; "魔" (ma) --- iblis, penyihir.
  2. "特殊能力 = 病気" (tokushu nouryoku = byouki) --- kekuatan spesial = penyakit.
  3. Sudah jelas.
  4. "星座? と人の脳? を比較した図" (seiza? to hito no nou? wo hikaku shita zu) --- rasi bintang? dan otak manusia? dibandingkan gambarnya.
  5. Sudah jelas.
  6. Sudah jelas.
  7. mp3 プレイヤー --- mp3 player.
  8. "長周期彗星" (choushuuki suisei) --- komet berperiode (orbital) panjang.
  9. "おまじない" (omajinai) = jimat keberuntungan; "リープ" = leap, lompatan.
KENTUT INI MEMANG WKAOEKAOWKOAEK

Untuk nomor 1, kita tahu kalo ada karakter di sini yang suka mengamati benda langit, dan sempat membahas mengenai long-period comet. Dan... ada kanji iblis/penyihir dalam 1 frame? Saya sih curiga kalo si karakter adalah antagonis di sini, cuma belom ketauan. Atau seenggaknya ada hubungannya dengan antagonis.

Masih berhubungan dengan nomor 1, saya mencoba mencari tahu nama si karakter dalam huruf kanji. Ternyata namanya adalah "歩未". Apa yang menarik di sini? Nama si karakter sebenernya sudah bisa dibaca dengan nama yang sama hanya dengan kanji "歩"! Lantas apa gunanya huruf "未" yang sebenernya berarti "un-, not yet" jika jadi prefix?! Apakah si karakter ini sebenernya palsu atau gimana? Apakah yang asli sedang berada di lab? Ataukah ada dunia lain tempat si karakter yang asli berada? Belum lagi kalo si karakter merasa kalo pernah ada satu orang lagi yang selalu bersama dirinya. Lalu gambar ini: http://charlotte-anime.jp/special/img/kv/kv05.jpg, menunjukkan seakan-akan ada yang dikloning di sini... damn. Anime ini sukses mengobrak-abrik neuron-neuron otak saya dalam 3 episode.

Anda juga akan menemukan di video klip kalo si karakter berlari sendirian selama beberapa saat, lalu... matanya membuka lebar. Si karakter pun hilang dalam frame-frame terakhir video klip opening, tersisa 1 ruang kosong di paling kiri. Tempat tersebut seakan-akan disediakan untuk seseorang. Karakter baru kah? Tapi apa iya ada karakter baru? Saya ragu. Firasat saya bilang tempat itu sengaja dikosongkan, jelas dari komposisi 4 karakter lain yang ditampilkan, karena MUNGKIN si karakter adalah penjahat/pembuat bencananya di sini. 

Kalaupun SEANDAINYA si karakter bukan antagonis, mungkin dia udah mati duluan sebelum tamat dan bangkit lagi dengan metode miracle ex machina dengan adanya petunjuk di atas.

Nomor 4 juga misterius. Gambar yang katanya rasi bintang itu sebenernya nggak jelas, namun jika benar itu rasi bintang... maka kekuatan supranatural yang ada di anime ini mungkin ada hubungannya dengan rasi bintang (atau seenggaknya dengan "komet berperiode panjang" itu). Kekuatan supranatural di sini juga berhubungan sama otak, terbukti dari kakaknya Nao yang dites sama para ilmuwan ahli saraf. (silakan di-highlight)
Scorpius a.k.a. Scorpio dan Sagittarius. Petunjuk kah? (dan ada cameo trademark KEY di situ XD~)
Nomor 6 itu misterius banget. Saking misteriusnya, saya nggak ngerti itu maksudnya apa. 75ccle? Lalu kenapa angka 7 diputer 90 derajat? Masih belom bisa nebak ini maksudnya apa.

Nomor 9 sedikit bikin gatel, namun saya masih nggak bisa menemukan hubungan antara "jimat keberuntungan" dengan jalan cerita. Mungkin ini petunjuk bagus, tapi... well, saya butuh nonton lebih banyak episode.

JIKA gambar tersebut benar adanya (susah keliatan soalnya kalo dicek sendiri), maka anime ini sukses menjadi salah satu anime dengan video klip opening yang cukup edan.
Diemut Yusarin gimana rasanya ya? #plak

Dan seperti yang saya bilang di awal, JUDUL pun bikin penasaran. Kalo saya nggak nyambungin ke hal-hal yang bukan anime, maka satu-satunya "Charlotte" yang saya inget adalah witch di Madoka Magika (death flag confirmed?). Tapi opsi ini masih terbuka lebar, mengingat nama ini nggak aneh untuk dipake di dunia Barat. Bisa juga nama "Charlotte" ini nggak ada hubungannya dengan hal-hal trivial apapun di luar sistem di anime (nama kometnya mungkin?).

http://charlotte-anime.jp/story/ - mungkin saya harus mulai melakukan deduksi dari daftar judul episode anime ini... (@__@) Dan "nafas" dunia paralel agak kenceng jika baca daftar episode tersebut.

Apapun itu, saya seneng banget kalo ada anime yang berhasil "menggodok" isi kepala saya seperti ini. Mungkin ke depannya akan lebih seru, apalagi setelah titik terang udah diceritakan. 

Dan ingat! Ini cuma tebak-tebak buah manggis, tebak-tebak agak logis.
She's cute. But the cutest girl will go through the hardest "feels" path. #nebakdoang


---------------



8.2/10 buat 3 episode pertama Charlotte karena visual dan kesuksesannya dalam bikin saya mikir keras. Meski di awal-awal ini terasa agak slow karena eksekusinya yang biasa, tapi saya berharap banyak ke depannya bakal keren total (dan nge-feels)!

Charlotte tayang setiap hari Minggu pukul 00.00 JST di channel Tokyo MX/BS11. Untuk sub English, saya ngikutin Good Job Media fansub. Sebenernya FFF rencananya mau nge-sub ini juga, tapi sampe artikel ini rilis belom ada 1 episode pun yang keluar. Oh ya, kalo ada channel Animax di rumah, bisa juga nonton di situ setiap Minggu jam 19.00.


***

6 comments:

  1. dan bener kan baru 6 episode dan masuk ke 7 udah ada gugur gini, emang mantap

    ReplyDelete
  2. detail banget ya merhatiin sampai video openingnnya (*o*)
    sama, penasaran juga sama judulnya.
    anime ini cukup keren banyak hal-hal misterius, dan sekarang udah episode 9 cerita semakin jelas ..

    ReplyDelete
  3. Wah, adminnya juga anak FFF toh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan anak FFF kok... cuma kalo ada anime yang saya pengen tonton trus di-sub sama FFF, biasanya saya ambil.

      Delete