Monday, January 14, 2013

[Review Anime] Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Kiri ke kanan: Tsuyuri Kumin, Takanashi Rikka, Dekomori Sanae, Nibutani Shinka

Basic information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=8883


Ngelantur Sebentar:

Disingkat: Chuu2Koi.
Sebuah anime freak, TERLALU FREAK untuk saya lewatkan. Saya bener-bener beruntung bisa ngikutin anime ini per episodenya waktu Fall 2012 lalu, dan...it really has deep impact for me.

NB: 
Chuunibyou (中二病 -- secara literal: sindrom kelas 2 SMP), adalah semacam "gangguan kejiwaan" yang menjangkiti beberapa orang ketika mereka beranjak dewasa dari masa kanak-kanaknya.
General symptoms: high-level imaginative action, ngelantur gak jelas pake bahasa transenden, ngayal kemana-mana, dan gak peduli apakah orang lain nganggep mereka aneh atau nggak. Yang penting gue ya gue, ini alam imajinatif ciptaan gue, ini imajinasi gue, ini dunia gue, inilah gue.

Let's start~!




Sedikit Sinopsis:

Togashi Yuuta (富樫勇太), seorang mantan pengidap chuunibyou dengan nama alias Dark Flame Master, yang udah sembuh begitu beranjak SMA, bertekad untuk menjalani hidup SMA-nya senormal mungkin dan melupakan masa lalu sintingnya tersebut. Semuanya. SEMUA!

Ah, yang bener gan?!

Sayang seribu sayang.

Pada suatu malam, dia muncul. Ya, dia, Takanashi Rikka (小鳥遊六花). Sang Jaou Shingan, Tyrant's Eye.
Pertemuan gak terduga tersebut membawa Yuuta pada sebuah "kontrak" dengan Rikka, sekaligus memupuskan harapan Yuuta untuk menjalani hidup normal yang diimpikannya.

I come for you, Dark Flame Master!!

Ditambah temen-temennya yang lain kayak Nibutani Shinka (丹生谷森夏), Dekomori Sanae (凸守早苗), Tsuyuri Kumin (五月七日くみん), Isshiki Makoto (一色 誠), dan kakaknya Rikka: Takanashi Touka (小鳥遊十花), maka dimulailah kegilaan baru bagi seorang Togashi Yuuta...



Review:


Sebelum memulai, ijinkan saya berteriak.

Yami no honoo de takaru tte, shineeee!!

Kalo buat saya sih, ini adalah salah satu cerita dengan latar dan suasana kehidupan nyata paling freak yang belum pernah saya liat di media manapun. Entah saya gila atau...eh, tapi saya kan pengidap chuunibyou juga meski gak separah Rikka atau Yuuta-di-masa-lalu. Ehehehehe... <(≧∀≦)

Pada dasarnya, ada 2 genre di Chuu2Koi: lawak/komedi dan romantic-drama.

Saya seneng dengan genre-shift (pergeseran genre) di anime ini. Pada setengah-awal total episode, saya sukses dibuat haha hihi ketawa seenak jidat. Begitu setengah ke belakang...saya sih ngerasanya kayak naik roller coaster dari titik tertinggi teruuuusssss ekstrim meluncur ke titik terendah. Bukan rendah dalam artian jelek, tapi karena perubahannya signifikan.
 
Dari episode 1-6, sebagian besar isinya adalah lawakan absurd yang kadang diselingi adegan action dalam dunia transenden + imajinatif + chuunibyou-ish. Ini bener-bener gak pake otak. Di beberapa episode saya ketawa lepas gak karuan (kadang sampe banting mouse, kadang sampe mau jatoh dari kursi - ini beneran) karena komedinya yang kelewat gokil.

Delusional battle...wow.

Nah, dari episode 7-12 ini yang makin lama makin dramatis, romantis, autis...eh, nggak pake autis deh awkakwkawka XD. Tapi harus saya akui, porsi drama di anime ini cukup mengaduk-aduk emosi dan menyentuh di beberapa adegan. Manis, imut, dan anget banget. I love it. Nggak akan saya kasih screenshotnya untuk scene-scene berbau romantis, nanti gak seru lagi~

Ishihara Tatsuya-sensei (Air, Haruhi, Kanon remake, Clannad) sebagai director sukses memasukkan kedua elemen tersebut (komedi & drama) dengan kadar yang pas dan berimbang. Timing slapsticknya tepat banget dan itulah salah satu faktor yang membuat anime ini kocak. Cukup sukses juga membanting-banting perasaan saya dengan drama anget-angetnya, huh! (>__<) #padahalseneng


Selain cerita yg freak-bercampur-drama, satu hal yang bikin saya heboh gak karuan adalah: KARAKTER. Yup, karakterisasi tokoh-tokoh di sini begitu unik dan cukup memorable.

Mulai dari Rikka yang terlalu moe dan masih freakin' chuunibyou, Yuuta yang awalnya agak-agak gimana gitu sama Rikka eh malah jadi demen, Shinka yang ternyata mukanya dua punya dark history juga (Shinka di anime, IMO, JAUH lebih soft dibanding di light novel nya), Sanae yang dengan setia ngikut Rikka + Mjollnir hammer twintail laknatnya, Kumin-senpai yang tiduuuuur melulu tapi sebenernya seneng ngeliatin anak-anak yang masih pada kena chuunibyou, bahkan si *yang belakangan* botak Isshiki yang selalu menemani Yuuta, hoek punya andil untuk bikin ketawa di beberapa adegan. Gak lupa juga Touka onee-san yang hot dan sekseehhh oh damnnn fungsinya untuk mengarahkan jalan cerita makin keliatan sejak episode 7.

Salah satu scene yang bikin saya hampir jatoh dari kursi!! AWKAOWKAOWKAWK

Kombinasi karakter-karakter utamanya membuat anime ini nampak aneh dan menyimpang dari batas kewajaran untuk anime berlatar dan bersuasana real life.

Development hubungan Yuuta sama Rikka di sini juga diceritain dalam tempo yang pas, gak grusak grusuk (kecuali endingnya). Nggak mendadak sehari kenal terus ada insiden anu anu dst dll dsb akhirnya jadian beberapa hari kemudian, tapi ada jeda waktu yang masuk akal. Semua yang terjadi merupakan hasil dari rangkaian kejadian yang menarik dan tetep simpel untuk anime dengan genre kayak gini.


Animasi dan desain karakter...gak bisa ngomong. Buat saya *yang gak bisa gambar*, jelas termasuk kelas atas. Udah motionnya gak kaku, pewarnaannya juga halus, terus adegan actionnya pun dibikin detail padahal anime ini intinya bukan action! Kyoto Animation gitu loh.

But sorry for you moe-haters, desain karakternya mungkin bukan buat anda-anda sekalian. For you moe-lovers, udah pasti jatuh cinta sama karakter-karakternya termasuk saya jatuh cinta pada Rikkaaaaa. #digampar

TIDAAAKKK!! Rasanya ingin saya ~!@#$%^&*()_+

Oh iya, musiknya! 

BGM instrumentalnya gak gitu spesial (meski di akhir-akhir lumayan oke). Tapi Sparkling Daydream dari ZAQ (opening theme) nya itu sukses nangkring di playlist foobar saya sampai tulisan ini diketik. Enak didengerin, enak juga dinyanyiin dengan suara saya yang gak jelek-jelek amat ini. (^__^) Yume nara takusan mita~

Nggak lupa beberapa insert song kayak Hajimari no Tane (insert song episode 8) dan Kimi no Tonari ni (insert song episode 10) yang juga bagus, cocok banget diselipin pada adegan-adegan di episode yang udah saya sebut.


Bukan berarti anime ini gak punya kekurangan. Kekurangan terbesarnya justru ada di... akhir. Saya rasa perlu sedikit dipanjangin (seenggaknya tambah 1 episode) supaya intensitas dramanya dapat diselesaikan dengan tidak terburu-buru dan punya konklusi yang *klik* banget.

 
-------------------------------


Special Section - Apa yang Saya Dapat dari Anime Ini:


Bagian ini gak akan ada di setiap review, beberapa aja. Dan Chuu2Koi adalah salah satu yang pantas untuk ditambahi porsi spesial ini.

Agak curhat sedikit ya.

Imajinasi.
Apa yang kalian pikirkan ketika ngebaca kata tersebut?

Useless? Sebuah sampah?
Childish? Hanya untuk anak-anak dan gak berguna begitu beranjak dewasa?
atau mungkin malah...
'That's my identity'? Yaitu suatu identitas yang spesial pada diri setiap orang, dimana tiap orang akan memiliki imajinasi uniknya masing-masing?

Saya cenderung ke pilihan yang terakhir.

Yep, setelah nonton anime gila ini, saya jadi mikir. Untuk apa sih sebenernya kita, manusia, diberikan daya imajinasi? Apa iya kita hanya boleh stick dengan aturan-aturan masyarakat yang mengharuskan "kamu harus begini, begini, begini, begini", tanpa kita bebas mengekspresikan diri sesuai apa yang kita bayangkan, yang kita khayalkan, yang kita imajinasikan? Oke, tapi saya tetap setuju kalo hukum-hukum moralitas harus tetep dijunjung.

Jujur ya, di umur saya yang udah kepala 2 ini, saya masih SERING sekali berkhayal. Untuk itulah saya bisa menghasilkan beberapa cerita, yang ada di halaman "Personal Stories" di bagian atas blog ini.

Saya tahu, itulah kemampuan saya, itulah talenta saya, itulah keahlian saya. Itulah SAYA.

Imajinasi. Itu, dan hanya itu.

Saya merasa spesial, saya merasa berbeda, saya merasa unik dengan daya imajinasi saya yang kelewat tinggi ini. Bukannya sombong, tapi saya TIDAK merasa diri saya kosong dan monochrome begitu tahu kalo hal itulah yang membuat saya unik di antara sekitar 7 miliar manusia lainnya di muka Bumi.

Real life selalu menuntut nyaris sebagian besar manusia untuk berada di jalur ini: kamu hidup, kamu kerja yang mainstream aja, kamu dapet duit, kamu bisa makan, kamu bisa beli barang, kamu bisa nikah, berkeluarga, mati bahagia, titik.

Just it? Cuma itu?

Dari sudut pandang demikian, monoton sekali kelihatannya hidup ini. Tidak menyenangkan, membosankan. Sangat.

Sebagian besar manusia terpaksa menjadi serupa dengan yang lain, mengikuti jalan hidup yang beda-beda tipis. Tapi nggak. Saya nggak mau yang demikian. Saya mau sesuatu yang mengakomodasi penuh identitas saya sebagai manusia yang unik dan imajinatif. Jika hal itu terlewat dari hidup saya, maka saya akan kosong untuk seterusnya. Yep, hanya sebuah kumpulan sel berjalan dibantu cerebrum, dan neuron-neuron yang menjalar ke seluruh tubuh.

Chuu2Koi, anime itulah yang membuat saya makin mantap untuk berada di jalur ini.

Dengan kecenderungan chuunibyou-nya, Rikka sukses menemukan identitas dirinya (dengan nama Jaou Shingan), bahkan itulah yang menolong dia agar gak jatuh dalam depresi yang terlalu dalam ketika apa yang sebenarnya terjadi dengan keluarganya terungkap. Yes, bahkan sesuatu yang dianggap aneh oleh orang normal malah membantunya agar tetap tegar menjalani hidup! Setelah Rikka mau menerima semuanya pun, dia memutuskan untuk tidak berhenti menjadi seorang pengidap chuunibyou, karena sifatnya itulah yang membuat hidupnya menjadi lebih ceria dan menyenangkan. With the power of imagination!

Bonusnya, dia dapet seorang yang bisa mencintainya apa adanya meski dengan dirinya sebagai chuunibyou. Yep, Togashi Yuuta. d(≧∀≦)

Jangan ragu untuk berkhayal. Imajinasi, itulah salah satu kekuatan terbesar yang dimiliki manusia. 
Gunakan itu, dan jadilah manusia unik dengan identitasmu sendiri tanpa ikut-ikutan arus!

 Jaou Shingan x Dark Flame Master!! Nice couple d(≧∀≦)b


-------------------------------


Rating:

Saya kasih nilai 9.0/10 (A rank) untuk anime ini untuk kegilaan, pergokilan, moe gak karuan, pertarungan di alam transenden, romance yang mampu bikin saya berteriak AWWWWW~, serta memberi sesuatu yang makin memantapkan identitas saya sebagai manusia unik berbekal imajinasi. Jelas untuk Sparkling Daydream-nya juga~ :3

Yap, saya berani kasih nilai tinggi untuk anime-anime yang punya dampak buat diri saya.

Sangat direkomendasikan bagi para penonton yang suka kombinasi antara lawak + moe + sesuatu yang aneh dan tidak biasa.

Akhir kata...

Reality, be rent!!
Synapse, break!!
Banishment, thiiiiiiis wooooorrrldddd!!!!

***

NB: mungkin saya akan buat review light novelnya juga, soalnya udah baca 2 volume.

38 comments:

  1. Oh ya.. Akhirnya Rikka akhirnya masih mengidap sindrom gak? Please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Msih dan ad season slanjutnya yg ktanya muncul di juli 2013

      Delete
    2. Yang baru-baru ini release itu movienya Chuu2Koi, plot sama dengan season 1 tapi dari sudut pandang Rikka

      Season 2 nya nanti Winter 2014 (Januari 2014), dengan munculnya karakter chuunibyou baru yang gak kalah gokil... cek light novelnya deh XD


      Anyway maaf kalo baru bales, kmaren-kmaren lagi ga sempet

      Delete
  2. ko karakternya mirip misaki mei ya???...

    ReplyDelete
  3. Akkh cuocok gambar terakhir ITU!!!!!!!!!!!!! Kyaaaaa!! :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew. ane baru nonton s1 dan s2 baru selesai, kenapa ane baru nonton? Padahal udah bertaun-taun nonton anime, Anime yang ini, hebat banget bisa bikin gue ke inget masa lalu yang kaya gitu kelakuanya wkwkwk ^^.

      Tapi kira kira ada season 3 nya gak? Ane masih penasaran....

      Delete
  4. Replies
    1. Ada, saya ngikutin kok pas ongoing sampe tamat

      But... well, LN vol.2-nya lebih recommended

      Delete
  5. keren bgt mas blognya..
    nanti ada season 3nya gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa iya, bisa nggak.

      Ini nggak bisa dijawab pasti karena animenya bisa dibilang nggak ngikutin LNnya sama sekali sih XD Jadi terserah studionya. Kalo mereka lagi butuh duit kayaknya dibikin :P

      Delete
  6. somplak tuh anime pas adegan tarung lebaynya
    by the way ane kasian tuh ama si ishiki penginnya dia jadian ama si kumin tukang tidur eh......malah disenengin maho lagi....sial banget tuh ishiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru action lebay adalah nilai jual anime ini XD

      Isshiki emang sial melulu sih, tapi di S2 sialnya ngurang kok wekekekek~

      Delete
  7. Wew. ane baru nonton s1 dan s2 baru selesai, kenapa ane baru nonton? Padahal udah bertaun-taun nonton anime, munggukin kelewat aja ama anime lain. Anime yang ini, hebat banget bisa bikin gue ke inget masa lalu yang kaya gitu kelakuanya wkwkwk ^^. Dan ane setuju soal keritikan anime ini di atas!!!! ^_^

    Apakah bakal di bikin season 3 nya? wew sungguh bikin penasaran........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sampe sekarang masih bisa begitu malah :v #plak

      Nggak tau deh bakalan ada atau nggak, kalo KyoAni kekurangan duit (dan ide) mungkin dibikin S3nya :P

      Delete
  8. Masih Menunggu season 3 :3 kapan ya kira kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vol 3 LNnya udah keluar kok, tungguin aja si Amaniji Hideri masuk ke geng para chuuni di anime XD (tapi nggak tau kapan, masih lama banget kayaknya)

      Delete
  9. berkali kali nonton ini tetep bikin mules
    dan semua ada masa alaynya gitu

    mori summer & dekomori ada flag banget ahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. S1nya emang bahlul parah sih AWKAEAOWKAEOAKW

      Delete
    2. mori summer mungkin layak dapet spin off tersendiri
      sabda22 dari kanjeng mori summer bikin mules

      Delete
  10. wkwkwk , anime ini bikin saya inget juga dlu sering begitu ^_^ bahkan skarang pun di usia kepala 2 masih kaya gini saya wkwk. Tapi sedikit curhat memang betul kita yg mempunyai hayalan2 keg gitu jarang punya temen. Asyik sendiri dengan dunia sendiri dulu pas masih kecil. Mungkin disini kita pengidapp penyakit ini bisa kumpul2 :D

    Untuk nilai anime ini 99 !! saya suka ceritanya sama kaya admin ^_^

    Oh ya saya malah menggambar karakter sendiri di khayalan saya wkwk ^_^

    Sharing2 dong hayalan kalian dulu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Divine Emperor reporting here.

      Yang saya inget itu saya pernah gambar peta wilayah sekitaran rumah di whiteboard, terus saya bagi-bagi deh yang ini wilayah siapa, yang ini wilayah siapa lagi, dst. Atlas juga jadi korban, saya lingkar"in pake pulpen mana daerah kekaisaran saya. Mental diktator banget yak XD

      Bahkan sampe umur segini pun masih sering ngebayangin jadi penguasa tunggal seluruh dunia akwakkwekakwekawe #dihajar

      Dan entah kenapa, saya nggak malu dengan itu sampe sekarang :P

      Delete
    2. Jadi kaya Accel World dong kaya gitu ada pembagian wilayahnya ckck dan ingin menguasai semua wilayah ckck,,

      Yah bisa dibilang kita itu bahagia dulu hehe punya dunia sendiri bahkan wilayah sendiri hehe, saya suka sedih kadang ketawa juga kalo inget pas kecil, rasanya pengen kembali lagi hehe ..

      Kalo Chuunibyou season 3 apakah beneran rilis min? Rumornya sih bakalan tapi sya bingung rata2 pembahansan nya bahasa alien ckck ^_^

      Delete
    3. Terlalu terinspirasi penakluk" jaman dulu sih semacem Alexander the Great, Julius Caesar, Gengis Khan, Napoleon Bonaparte... oke ngelantur #plak

      Hemm... anime season 3-nya masih nggak ada kabar berita, tapi LN vol.3 nya sih udah keluar dari 2014. Kalo KyoAni lagi pengen bikin lanjutannya, mungkin dibuatin :D

      Delete
    4. kalo inget kyoani bisa bikin s3 itu juga

      Delete
    5. ckckck tak apalah ngalantur orang saya juga sering ckck...

      pasti ln sama anime nya beda lagi >_< . kaya season 2 tuh ckck. Padahal banyak juga yg menunggu season 3 keluar ya semoga saja cpet2 kluar wkwk penasaran sama isshiki ko dia homo ya wkwkwkw ...

      Delete
    6. semoga kyoani nya peka kita yg nunggu season 3 >_<

      Delete
    7. Oy minna panggil aja gw Sky krn gw belum buat akun, ini udh tgl 23 January 2017 dan sampai skrng belum ada kabar S3 T^T makasih y min udh ngepost krn blog ini yg terbaik krn tgl 23 jan 2017 ini gw baru pertama kali selesai nonton S1 dan S2 T^T trus nyoba nyari S3 (gw jg ngelakuin hal yg sama klo selesai nonton anime lain :'< )

      Well...well...bagi kalian yang udh ada di tahun diatas 2017, ini pesan kami, Tetaplah percaya bahwa fiksi itu ada, berkhayalah, berimajinasilah, krn gk peduli lu umur brp, imajinasi itu selalu ada :3 (quotes dari Inou Battle

      Well....Goodluck kalian yang berasal dari Tahun sesudah 2017 dan sebelum 2017

      Balas komen gw ya :')

      Delete
    8. Entah gimana caranya, saya selalu punya pandangan kalo salah satu (salah satu lho ya) penyebab orang stress itu karena over-realistis, imajinasinya nggak nyala ke ranah yang positif. Be playful a bit with your imagination (asal imajinasinya nggak menjurus ke hal" yg kelewat negatif), itu bisa jadi obat yang efektif buat mental. :D

      Masalah S3... jangan ditungguin. Serius.
      KyoAni cuma mau komitmen ngerjain 1 proyek 1 season, sehingga kalaupun ada S3, itu baru terwujud nantiiiiii... entah kapan.

      Delete
  11. Replies
    1. Belom ada kabar beritanya, dan menurut firasat saya nggak bakal dibikin dalam waktu dekat (nyaris nggak mungkin 1-2 season ke depan).
      Tapi LN vol.3 udah ada dari kapan" sih.

      Delete
  12. Hari ini gua baru nonton ni anime. bener banget pengen banting laptop juga gua -_-
    recomend banget deh buagt yang nyari anime komedi. Jadi keinget jaman dulu pas suka ngayal-ngayal gak jelas juga. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. > Jadi keinget jaman dulu pas suka ngayal-ngayal gak jelas juga
      AOWKAEOAKWAOEK SAMA DONG #plak

      Delete
  13. Kakkoi....
    Btw, di akhir cerita s1ny kan... yuuta bilang kalo setiap orang itu punya chuunibyou sindrom... nah itu gimana cara bangkitinnya min.... plzzzz gtw napa, tp gw rasany pengen punya tu syndron^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Sindrom" di sini bukan sindrom beneran yang secara psikologis udah terklasifikasi secara paten lho ya.

      IMO, kalo punya khayalan khusus yang non-realistis tentang diri sendiri dan selalu nunjukin hal tersebut di depan orang lain secara konsisten, nah itu udah bisa disebut "punya sindrom" chuuni. :P

      Delete
  14. Sorry, w ny aho-_
    Reply ya min, saya tunggu b_d

    ReplyDelete
  15. We myasar di Mari krn ke anehan anime ini Dan butuh penjelasan lebih. Dan ,yah setelah baca review d blog ini,saya jadi paham Knp anime ini selebai ini. Terimakasih atas review nya.

    ReplyDelete