Tuesday, November 6, 2018

[Review Anime] Blend S

Gambar ini sengaja dipilih karena udah ada nama-nama karakternya. :P

Basic Information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=12694



Ngelantur Sebentar:

Coba tebak, kapan saya nonton anime ini?

Yak, Anda betul! 
Tahun lalu sewaktu ongoing!

*ehehehehe*

Lanjut!



Sinopsis:

Cosplay cafe itu biasa. Personality cafe barulah luar biasa. 

Cafe Stile, contohnya.

Tidak hanya menyediakan makanan dan minuman, Cafe Stile juga memberikan pelayanan khusus kepada para pelanggannya. Setiap pramusaji haruslah mengambil sifat tertentu yang biasa ada dalam karakter di industri entertainment otaku dan memerankannya selama melayani pelanggan.

Dino, pria Italia manajer Cafe Stile, sedang mencari karyawan tambahan dan kebetulan menemukan Sakuranomiya Maika, seorang gadis 16 tahun yang sedang mencari pekerjaan. Maika pun langsung diterima di Cafe Stile untuk memainkan karakter sadist. Sayangnya, dia masih kesulitan untuk memerankan karakter tersebut...

...atau malah sebaliknya?

(>_<)"


Review:


Meski musim Fall 2017 diisi beberapa anime yang "bikin kaget" (Mahoutsukai no Yome, Shoujo Shuumatsu Ryokou, Houseki no Kuni), di musim tersebut saya malah lagi pengen yang ringan-ringan untuk nemenin Himouto! Umaru-chan R. Maka terpilihlah Blend S sebagai salah satu yang saya ikutin sewaktu ongoing di musimnya.

Dengan metode "asal tembak", ternyata saya menemukan tontonan yang enak diikutin secara santai tanpa mikir keras. Tentu karena adanya hal-hal yang menarik dalam anime ini.

Kelebihan!

Ini kelebihannya. :3

Cafe #1 - Opening Theme!

Smile! Sweet! Sister! Sadistic! Surprise! Service!

Bon Appetit ♡S yang dinyanyikan 3 seiyuu dalam animenya (Waki Azumi, Kitou Akari, dan Haruno Anzu) sukses BANGET menjadi lagu pembuka yang memorable. Dengan melodinya yang unyu-unyu riang gembira, saya amat sangat yakin kalo lagu ini akan susah lepas dari kepala Anda meski baru sekali mendengarnya. Video klip opening-nya juga asik cerah berwarna-warni, bener-bener mendukung nuansa lagunya yang lucuk-lucuk.

Maka dari itu, saya nggak heran kalo tahun lalu lagu ini jadi meme dan bertebaran banget di jagat dunia maya. :P 


Cafe #2 - Character Design!

Meski jauh dari detail yang super maupun desain yang unik, wujud rupa karakter-karakter cewek maupun yang jadi-jadian di sini harus saya akui punya charm tersendiri. Ditambah seragam pegawai Stile yang cerah berwarna-warni seperti lagu pembukanya, menonton keseluruhan 12 episode serial ini menjadi terasa seger-seger aja buat saya. Dan tentu saja Hinata Kaho yang terbaik secara visual.


Cafe #3 - Clever Plot Device!

Untuk anime-anime yang sejenis, biasanya kita akan disodorkan karakter-karakter template berdasarkan trope yang udah ada pada di anime-anime lainnya. Untuk Blend S pun sebenernya demikian. Semua karakter di sini bisa dibilang mengambil template yang one-dimensional, karena kepribadian aslinya didefinisikan oleh satu sifat tertentu. 

Tetapi! Ada satu trik cerdik yang dilakukan si author, yaitu membuat setting sedemikian rupa sehingga sanggup melepaskan karakter-karakternya dari citra one-dimensional.

Coba Anda baca lagi bagian sinopsis. Dari situ bisa dipahami bahwa para karakter yang langsung melayani pelanggan harus mengubah kepribadian selama bekerja menjadi nggak sama dengan kepribadian aslinya (atau untuk Hideri, yang nggak sesuai dengan jenis kelamin aslinya). Dan ini sukses besar! Banyak interaksi-interaksi menarik dan terbilang kocak di sepanjang cerita yang justru muncul karena "berganti kepribadian", bukan sekedar "mempertontonkan template" semata yang berpotensi membosankan. Salut buat idenya! (≧∀≦)

#AkuPingsan


Dan... selesai!

Untuk aspek-aspek lain, saya menganggapnya biasa-biasa aja. Nggak bisa dibilang ancur berantakan, tapi juga jauh dari kata berkesan apalagi sempurna. 

Elemen romantic comedy-nya standar-standar aja. Untuk lucu-lucuannya masih bisa lah sesekali bikin saya nyengir-nyengir. Elemen-elemen visual selebihnya ya ok-ok aja, nggak bikin saya ngomel. Seiyuu... normal, nggak ada yang aneh. Ending theme... kalah JAUH sama opening. BGM? Saking nggak spesialnya, saya sampe nggak notice ada BGM apa nggak. :P

"Pendek kan reviewnya? Pendek kan reviewnyaaa?"


---------------


Rating:

6.8/10 (C rank) untuk Blend S karena karakter-karakternya yang berwarna dan unik sehingga menciptakan interaksi-interaksi menarik, dan tentu untuk opening theme-nya yang susah dilupain.

Direkomendasikan untuk yang mencari tontonan komedi ringan.

"Mas, reviewnya udah kelar."

***

13 comments:

  1. Reviewnya pendek banget min. ato animenya yg terlalu generic? dan mimin terlambat setahun buat nge-reviewnya. nih anime meme-nya lebih terkenal dari animenya sendiri!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terlalu generic sih, aspek-aspek sisanya udah umum banget. Dan karena itu juga telat setaun, karena saya nggak mau nulis kependekan... tapi belakangan saya mikir, "Ya udah lah tulis aja." :P

      Delete
  2. saya nonton ini karena iseng aja dan awalnya karena penasaran aja karena hebohnya itu setelah ditonton yah lumayanlah sebagai anime musiman dan tidak terlalu meninggalkan kesan berarti kecuali lagu openind dan meme openingnya itu

    ReplyDelete
  3. aq kalo ingat blend s pasti ingat sama piala dunia 2018 rusia, ya karena gw nonton ini disela-sela euforia piala dunia rusia 2018 wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nonton Neymar guling2 sambil ditabok kuncirannya Maika? :P

      Delete
  4. Smile, sweet, sister, sadistic, SUPRISE!!! Tw gk, min. Sejak gw denger OP-nya, gw kalau lg ngelamun gk tw kenapa kepala gw muterin lagu OPnya ni anime. Kalau bisa milih waifu mw siapa dah min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAHO LAH
      GILA AJA KALO SAYA NGGAK MILIH KAHO #nafsu #plak

      Delete
  5. kenapa jarang aktif, akhir-akhir ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya bingung mau nonton apa awkakwkakwak

      Delete
  6. blend-S anime paling ringan yang menarik , ya ga terlalu banyak mikir kayak anime aksi atau anime seberat kimi no nawa yang butuh 2x nonton buat mikir.
    ya mungkin krn slice of life aja ya tapi ini anime buat nonton santai enak.

    plus plusnya komedinya lumayan mengocok perut

    ReplyDelete
  7. Min jarang nge-review anime lagi kenapa? Sibuk min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena... ada kok jawabannya di atas-atas

      Delete