Tuesday, November 6, 2018

[Review Anime] Blend S

Gambar ini sengaja dipilih karena udah ada nama-nama karakternya. :P

Basic Information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=12694



Ngelantur Sebentar:

Coba tebak, kapan saya nonton anime ini?

Yak, Anda betul! 
Tahun lalu sewaktu ongoing!

*ehehehehe*

Lanjut!


Saturday, October 27, 2018

[Review Anime] Tsuki ga Kirei

Azumi Kotarou - Mizuno Akane

Basic Information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=12761



Ngelantur Sebentar:

Kembali saya nggak mau ngoceh kepanjangan di sini. Yang jelas, kali ini saya review suatu serial anime yang... keterlaluan. Keterlaluan karena sebenernya anime ini cuma iklan LINE in disguise.

KETERLALUAN MANISNYA!

Lanjut ke review!

NB: Menerjemahkan Tsuki ga Kirei ke bahasa lain buat saya amat sangat nggak cocok, karena dalam kasus ini frasa tersebut unik untuk bahasa Jepang doang. Begitu diterjemahin, rasa NGEH-nya langsung bubar.


Sunday, May 27, 2018

[Review Anime] Shoujo Shuumatsu Ryokou

Yuuri - Chito
Yang nemplok di helm: Nuko
Pic source: https://twitter.com/girls_last_tour





Ngelantur Sebentar:

Kali ini saya nggak bakalan ngelantur panjang-panjang. Saya cuma mau ngasih tau kalo saya nggak menyangka akan SEBAGUS INI.

Shoujo Shuumatsu Ryokou; 少女終末旅行; Girls' Last Tour.

Perjalanan terakhir para gadis... atau bukan yang terakhir?

Note: Saya nonton ini dalam 2 hari (19-20 Januari - 7 & 5 episode), jadi saya nggak ngikutin berbagai spekulasi dan hipotesis yang dibahas di dunia maya per minggunya. Artinya, review ini kebangetan telatnya.


Tuesday, January 16, 2018

[First Impression] Violet Evergarden

RAMBUTNYA. MATANYA. BAJUNYAAAAAAAA...!! #pingsan

Basic Information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=12138

Official Website: http://violet-evergarden.jp/




Kenapa Saya Tertarik Menonton:
  1. Trope. Saya punya ketertarikan alamiah terhadap trope post-great war kayak begini.
  2. Karakter utama. Archetype Violet itu amat sangat saya suka sekali, yaitu seseorang yang dibentuk hanya untuk peperangan, tapi nggak ngerti kehidupan manusia normal.
  3. Potential eyecandy. Ya iya lah ya, trailer-nya aja udah kayak begitu.


Friday, May 12, 2017

[MBTI in Anime] Nishizumi Miho (ESTP)

HORMAT GRAK!


Ngelantur Sebentar:


"I used to only think about winning. So, once I lost, I wanted to run away from senshadou." - Nishizumi Miho (Girls und Panzer, episode 7)


Dari laut, saya mau "mendarat" ke serial yang masih menampilkan banyak tembak-tembakan, namun dengan tank. Kali ini saya akan menganalisis karakter yang sama-sama leader, dedek komandan Nishizumi Miho. Sang mini-Rommel yang ahli dalam membuat rencana-rencana yang edan dan memanfaatkan medan pertempuran apapun menjadi keuntungan bagi timnya.

Curhat sejenak, saya sempet mengalami kesulitan memastikan deretan fungsi kognitif yang dimiliki Miho. Yang dipertimbangkan antara lain ISFJ, ENTP, ISTP, dan... pada akhirnya saya menyimpulkan kalo Miho adalah seorang ESTP (Se-Ti-Fe-Ni). Seorang ESTP yang bisa dibilang cukup dewasa, mungkin karena seumur hidup berada di lingkungan bernuansa fungsi thinker banget sehingga fungsi auxiliary Ti dirinya bisa dipergunakan dengan baik dan dominan Se yang ditempa menjadi lebih terkendali.

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang menganggap Miho itu introvert karena nggak melihat kecenderungan bawel atau aktif, sehingga seharusnya tipenya adalah Ixxx. Sayangnya... bukan begitu cara menilainya. Tapi saya juga nggak bisa menyalahkan sepenuhnya karena keseluruhan anime memang nggak berfokus ke penggalian mendalam tentang karakternya, sehingga data primer yang bisa diperoleh adalah perilaku yang tampak dari luar. Memang perlu ketelitian ekstra untuk menentukan Miho sebagai pengguna fungsi dominan extrovert.

Well, tapi seperti kata saya di sini, Anda boleh banget meng-counter argumen saya sesuai teorinya seandainya penilaian saya nggak pas.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung ke fungsi kognitif!

Note: Screenshot berasal dari file hasil encoding project-gxs untuk serial, dengan terjemahan dari fansub DmonHiro (using Hiryuu fansub v2 scripts). Untuk screenshot OVA, berasal dari file terjemahan fansub Commie. Untuk screenshot movie (der Film), diambil dari file terjemahan AK-Submarines.


Friday, May 5, 2017

[MBTI in Anime] Misaki Akeno (ENFJ)

Aduh tatapannya... (>///<)


Ngelantur Sebentar:


"Comrades at sea are all family!" - Misaki Akeno personal mantra. (Haifuri)


Beralih dari GochiUsa yang sangat mofu-mofu, saya mau putar haluan dulu torikaji ippaaaai ke anime yang banyak ledakan. Yup, High School Fleet. Yang kali ini saya "korek-korek" (bahasanya nggak enak banget deh #plak) adalah sang kapten kapal Harekaze yang juga karakter utama, Misaki Akeno. 

Akeno sebagai kapten kapal bisa dikatakan "nggak biasa" kalo kita berpatokan pada standar protokol militer di dunia nyata, karena nggak terlalu berorientasi pada aturan ketat kemiliteran. Dari situlah saya nangkep kalo Akeno itu ENFJ, dengan stack fungsi Fe-Ni-Se-Ti. Tentu nggak asal tebak karena variabel-variabel yang mendukung ada di sepanjang serial High School Fleet.

Langsung ke deretan fungsi kognitif!

Note: Semua screenshot berasal dari file hasil terjemahan Vivid-GJM fansub.



Saturday, April 29, 2017

[MBTI in Anime] Hoto Cocoa (ENFP)

Makhluk terlucuk kedua se-GochiUsa versi saya sendiri


Ngelantur Sebentar:


"Chino-chaaan!" - Hoto Cocoa (on Kafuu Chino, for nearly every occasion)


Kurang afdol rasanya kalo saya udah membahas Chino tapi nggak mengorek-ngorek sang pseudo onee-chan, Hoto Cocoa.

Secara umum, sifatnya berbeda 180 derajat dari si dedek lucu rambut biru. Energik, ceria, imajinatif, scatterbrained, dan terobsesi jadi kakak perempuan yang baik. 100% ENFP (Ne-Fi-Te-Si)? Nggak juga. ESFP (Se-Fi-Te-Ni) juga bisa punya kecenderungan demikian. Tapi tentu ada alasan khusus kenapa saya lebih memandang Cocoa sebagai pengguna fungsi kognitif yang saya sebut pertama.

Well, kalo begitu langsung aja saya korek-korek dedek penggila kelinci yang satu ini.

Note: Kecuali 1 file .gif, semua screenshot berasal dari terjemahan Vivid-Taku.