Sunday, January 20, 2013

[First Impression] Sasami-san@Ganbaranai






Kenapa Saya Tertarik Menonton:

Pertama, Shaft. Meski gak semua anime keluaran studio tersebut saya tonton, tapi beberapa di antaranya masuk koleksi anime di HDD saya. Saya sebut aja: Tsukuyomi Moon Phase, ef -  a tale of memories (dan melodies nya), Soredemo Machi wa Mawatteiru, Denpa Onna to Seishun Otoko (Erio + futon + pizza + Shaft head tilt = HELL YEAH), dan juga...Mahou Shoujo Madoka Magica (WOOOOO!! TEPOK TANGANNN)

Kedua, mungkin kurang masuk akal, tapi...saya punya feeling kalo anime ini bakalan nge-freak tapi keren.




Kesan Awal:

Di sini, saya bakal menulis kesan saya terhadap 2 episode awal. FYI, saya download punya FFF subs, bukan gg. Agak kapok ngikutin gg. (>__>)

Kita punya seorang cewek hikikomori (lumayan cakep buat saya :P) bernama Tsukuyomi Sasami, yang males banget dan gak mau keluar rumah, termasuk buat sekolah. Sehari-harinya dia diladenin oleh kakak cowoknya (mukanya gak pernah dikasih liat, selalu ditutup sebuah benda!!) bernama Tsukuyomi Kamiomi, yang kelakuannya udah kayak budaknya Sasami. Dengan sebuah software absurd bin bahlul bernama Brother Surveillance Tool, Sasami bisa ngawasin apa aja yang dilakukan kakaknya di luar, termasuk ketika berurusan dengan 3 cewek freak lainnya --- Yagami bersaudara: Tsurugi, Kagami, dan Tama.
Kisu aja mau gak? (>__>)

Episode 1, jujur, saya blank abis. Anime ini...apaan coba maksudnya? Pengenalan karakter-karakternya aneh gak karuan, pake acara fanservice Sasami lagi mandi pula. EH TERUS diakhiri dengan scene dunia yang tiba-tiba diselimuti coklat!! Bener-bener rasanya pengen ~!@#$%^&*()_+ WHAT THE HELL IS THIS WOOOOIII!! #digampar. Meski referensi dance Hare Hare Yukai bikin saya hampir teguling sih... LOLOLOLOLOL (and... Chocoslovakia? KAOWKAOEKAOKOWK)

Tapi, berdasarkan pengalaman, anime-anime Shaft (khususnya yang baru-baru) memang selalu mengandung hal yang aneh. Jadi, saya putuskan untuk menguatkan iman saya lanjut download episode 2 nya kemaren malem. Dan...

...BENER!!

Episode 2-nya mulai masuk ke penjelasan yang masuk akal (dat Transformation) dan tipenya memang favorit saya!! Saya langsung girang setengah mati dan excited BUANGET begitu nonton episode 2 nya, apalagi dengan sistem dunia dimana divine power bisa melakukan intervensi terhadap cyber world sekaligus real world. ANJIIIIRRRRR MERINDINGGGG!! Storyline, selama konsisten ngikutin sistem, pasti bakal saya download terus deh anime ini. d(≧∀≦)


Saya ke karakter. Meski beberapa di antaranya SANGAT annoying, tetapi kelima karakter yang ada di 2 episode ini bener-bener susah dilupakan dari ingatan saya.

Saya bahas ketiga Yagami bersaudara dulu, yang tiga-tiganya punya kekuatan super.
Look at her boobs--- wait. SHE'S 9 YEARS OLD, RIGHT??!!
Dari yang paling kecil, Tama, seorang cewek berumur 9 tahun dan berdada besar (ANJRIT!) yang posturnya dah kayak orang dewasa. Saya bukan orang yang bisa keganggu dengan tipe karakter yang demikian, jadi masih bisa ditoleransi (meski uneasy juga rasanya liat anak 9 taun kayak gitu  >__> ). Masih amat sangat childish. Tipe kekuatannya cukup membuat saya garuk-garuk kepala...
Untung saya gak lompat dari kursi gara-gara kelewat seneng pas adegan ini!!
Yang tengah, Kagami, cewek 16 tahun yang bersekolah di tempat Tsukuyomi Kamiomi (dan Tsurugi) ngajar. Paling tenang di antara bertiga, dan...punya sesuatu yang bikin saya melongo, terbengong-bengong, bahkan nge-pause animenya sewaktu dia beraksi di episode 1. Beneran, keren banget. (O__O)!!
Tsundere? HIHIHIHIHI...
Paling tua di antara bertiga, Tsurugi. Umur 31 tahun, tapi...loli. LOLI!! Saya hampir ngira kalo Tama tuh yang ini!! Rekan seprofesi Kamiomi di sekolah yang sama. Meski kelakuannya paling liar di antara bertiga, ketajaman pikirannya tergolong baik dan sempet dibuktikan di episode 2. Sayang, aksi di episode 1 nya gak sekeren Kagami. Dan...favorit saya di anime ini selain Sasami. :3 Seandainya ada beneran cewek 31 tahun tapi loli moe kayak gitu, LANGSUNG SAYA LAMAR!! #ditabokin

Next, Tsukuyomi siblings!

Onii-chan sinting, Tsukuyomi Kamiomi. Serius, karakter PALING annoying dan super-weird (karena mukanya gak pernah dikasih liat!) di anime ini. Sifat slave-like nya bikin saya agak mual, dan rasanya pengen saya tonjokin monitornya sewaktu di episode 1. Sayang seribu sayang, saya tidak mungkin muak sama karakter yang satu ini lebih lanjut, karena...he's the key.

Favorit saya setelah Tsurugi, Tsukuyomi Sasami. Well, saya memang nyaris selalu menyukai karakter utama. Rasa suka saya makin bertambah di episode 2, sewaktu dia ngejelasin sistem yang ada. Entah bakal ada apa lagi ke depannya, saya rasa Sasami akan terus terlibat dan jadi sentral dari segalanya. Saya juga suka bajunya XD~ Satu lagi, kenapa harus ada hikikomori secakep dia sih...huh! (>__<)


Coba ingat baik-baik lagi nama kelimanya. Kalo anda semua akrab dengan kultur Shinto, maka anda akan merasa "AHA!"

Yep, akan saya jelaskan sesuatu yang menarik banget buat saya. Apakah itu? Nama. Kenapa? Karena saya memang salah satu orang yang concern dengan penamaan karakter kalo menulis sebuah cerita.

First, Yagami sisters.

Tama, Kagami, Tsurugi. Teringatkah anda dengan...Japanese Imperial Regalia?
Family name ketiganya, Yagami (邪神 --- "ya" di sini bukan pake kanji untuk angka 8), bisa diartikan "evil/vicious/unnatural god". Sangat cocok dengan kemampuan mereka yang mampu menghadapi sistem "Transformation" yang dijelaskan Sasami di awal episode 2.

Penamaan kedua bersaudara Tsukuyomi itu juga menarik perhatian saya.
  • Kamiomi (神臣) dapat diartikan "god's vassal". Melihat arti namanya, saya langsung excited karena SANGAT berhubungan dengan penjelasan Sasami di episode 2.
  • Sasami (鎖々美) bisa diartikan "locked/isolated beauty". Terlalu cocok dengan kelakuan dan sifatnya. Kebiasaan saya kalo bikin cerita juga gitu sih, nama harus cocok sama sifat/kemampuan. XD~
IRONISNYA, kekuatan dari supreme god Amaterasu, malah dimiliki oleh Kamiomi (sebelumnya oleh Sasami) dimana dia dan Sasami punya family name Tsukuyomi yaitu dewa bulan dalam Shintoisme. Kalo pernah baca mitologi Jepang, mungkin anda akan senyum-senyum bahkan hingga ketawa sendiri begitu nangkep hal tersebut. (termasuk saya!)

NB: kalo mau dapet petunjuk lebih, perhatiin deh video klip openingnya. Udah pada pake baju miko/kannushi gitu. Jelas ceritanya akan ada referensi ke Shintoisme.
Ini yang saya maksud

Langsung ke animasi. Sebenernya gak suka-suka banget sih, tapi masih bisa diterima oleh mata. Scene pertarungannya juga lumayan. :3


Seiyuu. SEIYUU!! Super semua!! Untuk seiyuu cewek-ceweknya, mungkin banyak di antara anda yang udah tahu. Asumi Kana, Saitou Chiwa, Hanazawa Kana, Nonaka Ai. Keempatnya SUKSES ngisi karakter masing-masing dengan sangat cocok. Nah, seiyuu si onii-chan...JUGA BAGUS!! Meski sifatnya annoying, tapi suaranya itu triple combo konyol bahlul kocak XD~ Pas saya liat-liat di AniDB, ternyata memang seiyuu yang udah veteran. (O__O)


Musik...OPENINGNYAAAA!! WAAAAAA!! KEREEENNNN!! Buat saya keren bangets!! d(≧∀≦)b Sejak Sparkling Daydream-nya Chuu2Koi, vokalisnya ZAQ bener-bener mampu memikat telinga saya!! Ingat!! Single opening theme-nya, Alteration, bakal keluar tanggal 23 Januari. JANGAN LUPA DIDOWNLOAD!! (loh malah ngajarin donlot, bukannya beli...wakwkawkakwk XD) Kami-sama no yubisaki de dekiagaruuuu~

"CEPETAN NONTON WOI!! BAKA BAKA BAAAAA~KA" - Tsurugi nee-san

Dah, gak pake basa basi. Episode 1, 5.1/10. Episode 2, 8.6/10. Saya berharap ceritanya bakalan makin keren ke depannya!! d(≧∀≦)b

***

No comments:

Post a Comment