Friday, January 18, 2013

[First Impression] Tamako Market

Berhubung ini bukan review penuh, maka formatnya gak sama dengan review.




Official Website: http://tamakomarket.com/ (saya follow twitternya loh d(≧∀≦) )



Kenapa Saya Tertarik Menonton:

Pertama, Kyoto Animation. Berdasarkan pengalaman, secara visual agak mustahil ngerusak mata saya (tapi gak tau kalo mata anda). Liat poster promosionalnya yang nampak cerah dan berwarna-warni, saya jadi tertarik.

Kedua, staff. Mulai dari director, series composer, sampe character designer, semuanya ngambil dari K-ON. Apa artinya? Saya berharap aura santai dan fuwa fuwa K-ON ada di sini. Jadi, saya menonton bukan karena desain karakternya.
Rame-rame.



Kesan Awal:

Oke, baru aja saya selesai nonton episode kedua. Jadi, bagian ini akan memuat episode 1 dan juga 2. Yep, setiap tulisan yang punya embel-embel "First Impression" akan memuat pandangan saya tentang 1, 2, atau 3 episode pertama.

Setting kali ini ada di sebuah kompleks perbelanjaan bernama Usagiyama Shopping District (Usagiyama Shoutengai), berfokus pada kehidupan seorang cewek SMA bernama Kitashirakawa Tamako yang merupakan anak pemilik toko mochi Tama-ya, berada di kompleks perbelanjaan tersebut. Semuanya berjalan aman, damai, santai, dan tenang hingga muncullah...
.......
...seekor burung.

Yep, seekor burung freak yang rada-rada gombal, mendadak nongol di depan Tamako. Warnanya putih dengan sedikit sentuhan pink. Hebatnya lagi, bisa ngomong!! ASTAGA MUJRUT, saya bener-bener kaget begitu tahu kalo si burung bisa bicara bahasa manusia!! KyoAni, kalian berhasil membuat saya hampir jatoh dari kursi kali ini.
Bisa catwalk juga!! Eh, birdwalk!!
Demi efisiensi, saya sebut saja burung itu dengan nama yang dikasih Tamako: Tori (meski punya nama asli Dera Mochimazzui...amit-amit dah).

Tori, selain bisa ngomong, rada-rada gombal, dan sok kegantengan, dia juga punya kemampuan khusus yaitu dapat berfungsi sebagai proyektor. Oke, lagi-lagi ini terlalu freak untuk anime dengan setting realistis. Well, tapi kalo gak ada Tori, maka anime ini hanya akan jadi K-ON ketiga dengan tema mochi. Kelakuannya terlalu absurd dan di luar batas kenormalan XD~
I have laser beam, your argument is invalid.
Saya beralih ke karakter. Yang agak mengganggu saya adalah, meski judulnya Tamako Market, tapi porsi Tori di episode 1 terlalu gede (Tori Market dooonngg?). Episode 2 nya lebih baik, udah lebih fokus ke Tamako. Mudah-mudahan ke depannya bakal terus begitu. Untuk karakter-karakter pendukung...belom terlalu keliatan fungsinya. Yang udah rada jelas baru Ooji Mochizou (episode 1-2) sama Tokiwa Midori (yes, tanda-tanda shoujo-ai sudah nampak di episode 2).
ANKOOOOOO!! ~!@#$%^&*()_+ (>__<)!!
Masalah moe, saya gak bisa ngomong. Meski Kitashirakawa Anko (adeknya Tamako) lebih ke arah kloning Nakano Azusa (K-ON) yang dikompres, dan Tamako yang dilepas rambutnya udah kayak sodara kembarnya Chitanda Eru (Hyouka), tapi tetap moe. As expected from K-ON staffs. Dan berhubung desain karakter di K-ON nggak mengganggu mata saya, jadi untuk Tamako Market juga sangat bisa diterima. Untuk para fans karakter-karakter moe ala KyoAni, saya rekomendasikan untuk menonton.
Yes, Chitanda Eru punya kembaran!!
Plot...plot...plot...hah, plot? Belom ada plotnya ini sih! Atau mungkin malah bakalan ngikutin random ala K-ON kali ya? Hidup sehari-hari yang bebas dan tanpa beban~ Yang jelas semoga aura santainya tetep konsisten, jangan berubah jadi terlalu membosankan.

Komedi...lumayan. Sekali lagi, untung ada Tori. Dia bener-bener pusat lawaknya di sini. Selama gak jadi kelewat lebay atau malah garing, saya malah suka kalo Tori terus nangkring di atas kepalanya Tamako. XD~

Dan sesuai harapan saya, visualnya gak mengecewakan. Meski jauh dari kehalusan motion Hyouka dan animasi gebuk"an transenden yang keren ala Chuu2Koi, tapi Tamako Market udah cukup memadai untuk ditonton.

Nah, seiyuu!! Ini juga yang saya suka dari Tamako Market. Meski belom banyak pengalaman, tapi buat saya Suzaki Aya amat sangat cocok ngisi suara Tamako. Citranya pas banget, imut-imut airhead gitu. (>__<) Suara Hidaka Rina untuk Anko juga oke d(≧∀≦)
Uuuu~ Her smile... (>__>)
Yep, segitu aja. 

Untuk penilaian, episode 1 saya kasih 6.5/10, sementara episode 2 nya bagi saya lebih baik sedikit, 7/10. Tentu saya berharap lebih banyak lagi untuk anime ini nantinya.


Tamako Market tayang setiap Kamis pukul 00:30 waktu Jepang, di channel Tokyo MX. d(≧∀≦) Untuk sub English, pagi-pagi waktu Indonesia biasanya udah keluar.


*** 

No comments:

Post a Comment