Monday, February 1, 2016

[First Impression] HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun Suru

Homura Chika - Kamijou Haruta


Basic Information: http://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=11270

Official Website: http://haruchika-anime.jp/



Kenapa Saya Tertarik Menonton:

1. Plot summary. Ini kayak Hyouka + Hibike Euphonium.
2. P.A. Works. Mudah-mudahan mereka nggak bikin anime yang nggak bagus lagi di mata saya...



Kesan Awal:


Seperti yang saya katakan sebelumnya, siapapun yang pernah menonton dua anime yang saya sebut di atas pasti juga mendapatkan hal yang sama ketika membaca plot summary dari HaruChika. Karena dua judul tersebut tergolong bagus buat saya, maka saya juga penasaran akan anime ini.

Setelah nonton 3 episode (iya, saya belom nengok episode 4-nya), saya bisa mengatakan kalo anime ini nggak spesial-spesial banget di awal. Nggak tahu juga sih nanti akhirnya kayak apa, karena awal yang biasa belum tentu berakhir biasa juga.
Errrrr.... ada tuyul.

Jadi di sini kita punya Homura Chika, seorang yang karena alasan pribadi jadi kepengen masuk klub musik. Nggak disangka-sangka, di klub itu dia bertemu temen masa kecilnya yang udah lama nggak ketemu, Kamijou Haruta.

Sebenernya buat saya anime ini dan Hibike Euphonium menyuguhkan awal-awal yang sama-sama generic meski berbeda premis. Di HaruChika kita diperlihatkan klub hampir bubar, lalu para anggotanya berusaha rekrut anggota baru (nggak ada klub hampir bubar di Hibike). Namun direkrutnya justru dengan hal yang nggak ada hubungannya dengan musik. Iya, dengan mystery berpadu dengan slice of life (SoL) seperti di Hyouka.

Sebenernya cukup unik, tapi... bermasalah. Akan saya jelaskan kenapa.

Formulanya sih seperti anime-anime episodik pada umumnya, 1 episode menceritakan 1 sub-cerita tertentu, yaitu tentang bagaimana cara merekrut anggota baru berbekal kemampuan otak super Haruta. Nah inilah masalahnya.

TERLALU kenceng! 
"Hah?! Terlalu kenceng?!"

Dengan 1 episode per kasus, nonton anime ini rasanya kayak dibawa sama mobil Formula 1. Menurut saya, pace kayak begini nggak cocok dengan anime-anime SoL yang harusnya pelan adem ayem. Parahnya lagi, plot dibumbui pemecahan kasus. Saya nggak ngerti ini salah siapa, yang jelas kemampuan Yoshida Reiko yang berpengalaman dalam membuat komposisi anime-anime slice of life (K-On, Tamako Market, Hanayamata, Non Non Biyori + Repeat) jadi nggak keliatan sama sekali. Untuk anime sebelah tentang mbak-mbak doyan tulang memang saya suka, tapi... di sini saya malah pusing sendiri. Mungkin karena di sebelah atmosfernya lebih mendukung dan nggak episodik-episodik banget, masih ada lah 1 kasus jadi 2 episode.

Pemecahan kasusnya juga nggak asik, karena penonton nggak bisa ikut berpikir. Penyebabnya? Karena clue yang ada terlalu esoterik untuk penonton awam, sama halnya seperti anime tentang mbak-mbak pecinta tulang tadi.
Tapi beginiannya keren sih. Ilustrasi deduksi d(≧∀≦)

Karakter... masih belom ada yang nyangkut. Jujur aja saya agak kaget dengan Haruta (bagi yang udah nonton, tau lah ya alasannya :P), tapi ya udah. Cuma itu aja yang *klik* dari semua karakter yang udah diperkenalkan selama 3 episode. Saya sendiri masih belum bisa tertarik sama Chika... Well, masih 3 episode ini. Mudah-mudahan ke depannya ada perkembangan lebih baik untuk para karakternya.

Saya juga punya komplain terhadap visualnya. Mungkin karena kurang duit (padahal disponsori Yamaha Music) atau terlalu fokus sama proyek berikutnya, yang jelas kualitasnya turun dibanding beberapa anime P.A. Works sebelumnya yang pernah di-review di sini (Tari Tari, Nagi no Asukara, Charlotte). And sorry to say, desain karakternya bukan selera saya. Woi Chika, kenapa mata kamu warnanya begitu sih... :(
Saya malah lebih tertarik sama si Narushima ini... HIDUP MEGANE #iyeeeyy

Tapi masih ada bagusnya. Opening dan ending song-nya yang masing-masing dibawakan fhana dan ChouCho cukup manis di telinga. Dan saya tahu nanti bakal ada performa musik dari klub tempat Chika bergabung dari scene beberapa menit awal episode 1.

Drop? Nggak kayaknya. Saya jarang banget nge-drop satu anime kalo dari awal emang udah niat nonton. Yang jelas saya nggak terlalu berharap banyak dengan anime ini.
Ini nggak seperti yang Anda bayangkan karena yang kiri itu... #plak


---------------



5.2/10 untuk ketiga episode awal dari HaruChika. Semoga ceritanya ke depan tambah menarik dan lebih greget dari sekarang~ :3

HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun Suru tayang setiap hari Kamis jam 1:35 JST. Untuk fansub English, saya ngambil GJM-Vivid.

Hemmm... #sedap #plak


***

3 comments:

  1. idem
    perasaan kaya kombinasi nonton hyouka ama hibike tapi yang kurang adalah rasa greget pengen nonton episode selanjutnya dan ke enjoy an nontonnya, serius nonton ini kerasa bgt lamanya beda bgt ama hyouka ama hibike yg enjoy bgt ditonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nonton ini harus jadi Wikipedia berjalan dulu baru bisa enjoy XD

      Delete